Cara Menghidupkan Komputer Dengan Prosedur Yang Benar

Cara Menghidupkan Komputer Dengan Prosedur Yang Benar

Cara Menghidupkan Komputer Dengan Prosedur Yang Benar
Cara Menghidupkan Komputer Dengan Prosedur Yang Benar memang sudah asing bagi para pemakai komputer, tetapi walaupun mudah, mungkin ada sobat yang pemula membutuhkan prosedur cara nya. Menghidupkan komputer dengan benar sangat mudah sekali dan cepat. Supaya komputer aman dan tidak cepat rusak, maka harus menggunakan prosedur yang benar dan baik. Menghidupkan komputer memang menjadi hal yang sangat mendasar dalam mengoprasikan komputer.


mungkin yang pemula bertanya Bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar ? Banyak sobat pemula yang mungkin tidak mengetahui prosedur yang benar, padahal komputer punya cara yang baik tersendiri dan beda dengan barang elektronik yang lain. Walaupun sangat mendasar, tetapi saya akan memberikan cara lengkap dengan gambar dan untuk seluruh windows. Sobat juga bisa mempelajarinya dengan cepat dan sangat singkat, karena saya akan memberikan cara dengan jelas untuk sobat.


Cara Menghidupkan Komputer Dengan Benar

Sebenarnya memang sangat mudah dan singkat, berikut ini caranya dan ikuti langkahnya dengan teliti dan cermat
  1. Pastikan semua perangkat komputer masih bekerja
  • Hubungkan semua kabel perangkat komputer ke listrik. seperti monitor, cpu, speaker
  • Hidupkan Monitor dan Speaker sobat terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan menghidupkan CPU dengan menekan tombol power, biasanya tombolnya yang paling besar dan terdapat tulisan "Power".
  • Bila terdapat bunyi Bip dan lampu indikator menyala , berarti komputer sudah hidup dan Tunggu beberapa menit pada saat booting
  • Kemudian komputer sobat hidup
  • Pada komputer yang produksi lama sekitar tahun 1977 ke bawah , sobat harus menekan tombol powernya dengan cukup kuat sampai berbunyi klik. Namun, jika Komputer sobat produksi baru yaitu 1977 ke atas dan hanya menekan tombol power dengan sentuhan lembut.

    Jika komputer tidak hidup dengan cara yang saya berikan di atas, pastikan yang sobat tekan tombol power dan bukan tombol reset.

    Ciri - ciri tombol power
    • Tombolnya lebih besar
    • Terdapat tulisan "Power"
    • Biasanya bergambar
    Ciri - ciri tombol reset 
    • Tombolnya lebih kecil
    • Terdapat tulisan "Reset"

    Jangan masukkan modem atau flashdisk dan Jangan ketik - ketik keyboard pada saat menghidupkan komputer agar proses booting lebih lancar, karena saya punya pengalaman saat memasukkan modem dan flashdisk pada saat menghidupkan komputer dan hasilnya pada proses booting lebih lama dan kurang lancar.

    Cara Menghidupkan Laptop

    Selain Menghidupkan komputer, saya juga menyajikan informasi Cara menghidupkan Laptop. Sebenarnya cara menghidupkan laptop hampir sama seperti komputer, yang membedakan hanyalah tidak perlu menghubungkan perangkat ke listrik. sobat harus memastikan ada baterai pada laptop sobat dan jika habis sobat perlu mengisi baterai nya terlebih dahulu dan laptop pun bisa dihidupkan dengan menekan tombol power.

    Jika tidak hidup juga seletah memalakukan prosedur di atas, berarti sobat perlu mengecek apakah komputer sobat sudah terpasang dengan baik atau belum dan masih bekerja atau tidak, cobalah cek power supply apakah sudah on atau masih off.

    Kesimpulan

    dari 2 cara diatas dapat disimpulkan bahwa jika ingin menghidupkan komputer ataupun laptop harus dengan menekan tombol power yang sudah terhubung ke listrik. Dengan sobat mengikuti prosedur yang benar , komputer sobat bisa tetap bekerja dengan baik dan lancar. Setelah dihidupkan adapun Cara Mematikan Komputer Yang Benar.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Fungsi Vlookup dengan Sel Kosong Pada Excel